VULKANISME DAN TEKTONISME

Posted: March 31, 2011 in Referens

TENAGA ENDOGEN

adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi. Tenaga ini bersifat membentuk relief dipermukaan bumi.

Vulkanisme

Tenaga tektonik dapat mengakibatkan gejala vulaknisme. Gejala vulkanisme berhubungan dengan aktivtas keluarnya magma di gunung api. Proses keluarnya magma ke permukaan bumi disebut erupsi gunung api. Proses vulkanisme terjadi karena adanya magma yang keluar dari zona tumbukan antar lempeng sehingga lempeng terebut leleh karena magma dalm bumi. Beberapa gunug api ditemukan berada di tengah lempeng yang disebabkan oleh tersumbatnya panas di kerak bumi gejala ini disebut titik panas (hotspot).

Gejala-gejala vulkanisme

  • Pravulkanik adalah tanda-tanda atau gejala di suatu daerah akan terjadi letusan gunungapi. Tanda-tanda akan terjadinya letusan gunungapi adalah :
  1. Kenaikan suhu udara di sekitar gunungapi drastis (dari suhu rendah tiba-tiba naik jadi panas).
  2. Banyak tumbuhan kering dan hewan turun dari gunung.
  3. Meningkatnya bau belerang yang menyengat.

 

  • Gejala post vulkanik Gunung api yang sudah kurang aktif, memiliki tandatanda yang disebut gejala post vulkanik, atau pasca vulkanik atau setelah aktivitas vulkanik dengan gejala-gejala sebagai berikut.
  1. Sumber gas asam arang (CO2 dan CO) yang disebut mofet. Gas ini berbahaya sebab dapat menyebabkan mati lemas bagi orang yang menghirupnya. Contoh: Kawah Timbang dan Nila di Dieng (Jawa Tengah), Tangkuban Perahu dan Papandayan (Jawa Barat).
  2. Sumber gas belerang , disebut solfatara. Contoh : Tangkuban Parahu (Jawa Barat), Dieng (Jawa Tengah) dan Rinjani (NTB).
  3. Sumber gas uap air, disebut fumarol. Contoh : Dieng (Jawa Tengah) dan Kamojang (Jawa Barat).
  4. Sumber air panas. Sumber air panas yang mengandung zat belerang, dapat digunakan untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit kulit.
  5. Sumber air mineral. Sumber air mineral ini berasal dari air tanah yang meresap bercampur dengan larutan mineral tertentu seperti: belerang, atau mineral lain. Contoh sumber air mineral terdapat di: Ciater dan Maribaya (Jawa Barat), dan Minahasa (Sulawesi Utara).
  6. Geyser. Pancaran air panas yang berlangsung secara periodik disebut geyser. Pancaran air semacam ini juga terdapat di Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat.

 

 

Tektonisme atau tektogenesa

 

Perubahan letak lapisan permukaan bumi secara horizontal dan secara vertical. Gerak ini di  bedakan lagi menjadi 2 yaitu epirogenesis (gerak vertical) dan orogenesis (gerak horizontal)

 

  1. epirogenesis (gerak vertical)

pergeseran lapisan kulit bumi secara lambat

 

  1. orogenesis (gerak horizontal)

pergeseran lapisan kulit bumi secara cepat

 

 

GEJALA TEKTONISME

 

1)    Patahan

Suatu proses dari kekuatan tenaga endogen yang menekan struktur batuan keras sehinnga antara lapisan yang satu dan yang lainnya jadi terpisah.

Bentuk-bentuk patahan:

 

  1. Graben : lapisan tanah yang lebih rendah dari daerah lainnya
  2. Horst: lapisan tanah yang lebih tinggi dari pada daerah lainnya
  3. Block mountain : Patahan yang terjadi akibat tenaga endogen yang menghasilkan bentuk  retakan.
  4. Fleksure : patahan yang berbentuk seperti slurutan (jawa)

 

2)    Lipatan

Suatu proses hasil kekuatan dari tenaga endogen yang menekan batuan plastis (lunak). Daerah yang berada dipuncak disebut antiklin dan lembah disebut sinklin.misalnya pada daerah kec.Babat kab. Lamongan. Ada beberapa macam lipatan yaitu :

 

 

  1. Lipatan tegak

Lipatan yang terjadi karena pengaruh tenaga dorongan (radial) yang kekuatannya sama /  seimbang dengan tenaga tarikan (tangensial).

  1. lipatan miring

lipatan yang terjadi karenaarah tenaga horizontal tidak sama atau tenaga radial lebih kecil  dari pada tenaga tangensial.

  1. Lipatan menggantung

Lipatan yang terjadi bila tenaga radial sangat kecil sekali dibandingkan tenaga tangensial.

  1. Lipatan rebah

Lipatan yang terjadi karena tenaga horizontal searah.

  1. Lipatan berpindah

Lipatan yang terjadi karena adanya tenaga tangensial saja yang bekerja.

  1. Lipatan Isoklinal

Terjadi karena masuknya lembah lipatan kedalam struktur puncak akibat tidak seimbangnya tenaga tangensial dan tenaga radial.

 

TENAGA EKSOGEN

yaitu tenaga yang berasal dari luar bumi. Sifat umum tenaga eksogen adalah merombak bentuk permukaan bumi hasil bentukan dari tenaga endogen. Bukit atau tebing yang terbentuk hasil tenaga endogen terkikis oleh angin, sehingga dapat mengubah bentuk permukaan bumi.

Secara umum tenaga eksogen berasal dari 3 sumber, yaitu:

Di permukaan laut, bagian litosfer yang muncul akan mengalami penggerusan oleh tenaga eksogen yaitu dengan jalan pelapukan, pengikisan dan pengangkutan, serta sedimentasi. Misalnya di permukaan laut muncul bukit hasil aktivitas tektonisme atauvulkanisme. Mula-mula bukit dihancurkannya melalui tenaga pelapukan, kemudian puing-puing yang telah hancur diangkut oleh tenaga air, angin, gletser atau dengan hanya grafitasi bumi. Hasil pengangkutan itu kemudian diendapkan, ditimbun di bagian lain yang akhirnya membentuk timbunan atau hamparan bantuan hancur dari yang kasar sampai yang halus.

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s