Pengertian Akar dan Daun

Posted: April 4, 2011 in Referens

AKAR

Akar merupakan bagian dari tumbuhan yang ada di dalam tanah sebagai tempat masuknya air dan mineral dari tanah menuju seluruh bagian tumbuhan. Akar juga berfungsi untuk melekatkan dan menopang tubuh agar kokoh. Pada beberapa tumbuhan, akar juga menjadi tempat menyimpan cadangan makanan, misalnya pada ketela pohon.

Pada tumbuhan tingkat tinggi sistem perakaran dapat dibedakan menjadi dua, yakni akar serabut dan akar tunggang. Sistem akar serabut terdapat pada golongan tumbuhan tanaman monokotil, seperti padi, jagung dan bambu. Sistem akar tunggang terdapat pada kelompok tumbuhan dikotil, seperti mangga, jambu dan pepaya.

Akar berasal dari calon akar yang terdapat pada embrio atau lembaga dari biji. Calon akar yang tumbuh menjadi akar disebut akar primer, sedangkan pertumbuhan akar akibat aktifitas kambium akan mebentuk akar sekunder.

  • Ø Struktur Anatomi Akar

  1. 1. Epidermis

Epidermis akar berkembang dari protoderma. Sel epidermis akar berbentuk pipih dan berdinding tipis. Pada daerah dekat ujung akar, sel-sel epidermis ini termodifikasi menjadi bulu akar, lapisan kutikulanya sangat tipis. Hal itu seusai dengan fungsinya sebagai penyerap air.

  1. 2. Korteks

Korteks terdiri dari sel-sel parenkima yang tersusun melingkar. Pada beberapa tumbuhan air, sel-sel parenkima korteks tersusun teratur dan banyak dijumpai ruang-ruang udara, parenkima seperti ini disebut aerenkim. Pada tumbuhan monokotil korteks biasanya mengandung sklerenkima. Letak korteks pada akar lebih luar daripada letak korteks pada batang.

  1. 3. Endodermis

Lapisan terdalam dari korteks akar berdeferensiasi menjadi endodermis. Endodermis terdiri dari selapis sel-sel yang tebal, yang menandai batas korteks. Pada sel endodermis muda terdapat penebalan dinding oleh zat suberin atau lignin mengelilingi dinding radial. Penebalan tersebut membentuk rangkaian berbentuk pita. Penebalan seperti pita ini disebut Pita Kaspari. Pita Kaspari mencegah air masuk melintasi dinding sel. Untuk masuk ke silinder pusat, air melalui endodermis yang dindingnya tidak menebal, yang disebut sel penerus air.

  1. 4. Silinder Pusat  (Stele)

Stele terletak di sebelah dalam lapisan endodermis. Stele pada akar tersusun oleh jaringan-jaringan pengangkut xilem, floem, dan perisikel. Perisikel terdiri dari sel bertipe parenkima yang berada di antara endodermis dan jaringan pembuluh. Perisikel berkembang dari prokambium. Kambium dan jari-jari empulur dibentuk dari perisikel.

DAUN

Daun merupakan bagian tumbuhan yang biasanya berbentuk lembaran pipih, berwarna hijau. Daun berfungsi sebagai tempat pembuatan makanan bagi tumbuhan melalui proses fotosintesis.

  • Ø Struktur Anatomi Daun

  1. 1. Epidermis

Epidermis daun mengandung sel-sel kipas dan stomata yang terdapat pada kedua permukaan atau di permukaan bawah saja. Epidermis atas pada daun biasanya dilindungi oleh lapisan kutikula atau lilin sebagai penahan terjadinya penguapan yang terlalu besar.

Epidermis daun juga dapat bermodifikasi menjadi trikoma. Fungsi trikoma adalah untuk melindungi dan memantulkan radiasi cahaya matahari.

  1. 2. Jaringan Dasar

Jaringan dasar atau mesofil terletak diantara kedua epidermis, epidermis atas dan epidermis bawah. Mesofil merupakan daerah utama tempat fotosintesis. Pada kebanyakan daun dikotil, mesofil terdiferensiasi menjadi parenkima palisade (jaringan tiang) dan parenkima spons (jaringan bunga karang).

Sel-sel palisade bentuknya memanjang, mengandung banyak kloroplas dan tersusun rapat. Parenkima spons bentuknya tidak teratur, bercabang, mengandung lebih sedikit kloroplas, dan tersusun renggang.

  1. 3. Berkas Pengangkut

Berkas pengangkut (xilem dan floem) pada daun terdapat di tulang daun dan mempunyai susunan seperti pada batangnya, walaupun tidak seluas yang terdapat pada batang. Semakin dekat dengan ujung tulang daun, susunan berkas pengangkut semakin sederhana.

By : Candra Quida N

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s